kawan, biar gampang cari disini

Sabtu, 01 September 2012

web syle

 web style

Sebelum membaca lebih jauh bagaimana cara membuat website dengan men-desain sendiri, sedikit intro dulu buat kawan – kawan yang masih rancu apa itu website, apa itu blog. Menurut wikipedia, website adalah sebutan dari sekelompok halaman web yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain atau subdomain di World Wide Web atau disingkat www di internet…+ bla..bla..bla..
Menurut terjemahan bebas saya, website merupakan sekumpulan file yang berbentuk script yang tersimpan disuatu server ( server hosting ) dengan alamat unik ( nama domain ) dan dapat ditampilkan dilayar komputer dengan memanggil alamat unik tersebut melalui web browser, dengan catatan komputer kita terkoneksi dengan internet. Deal?…kalo belum, anda bisa menerjemahkan sendiri :-) . Lalu apa perbedaan website dan blog?, blog sendiri merupakan jenis website dinamis yang mudah diupdate dan sangat komunikatif, karena biasanya blog menyediakan kolom komentar bagi para pengunjungnya untuk berinteraksi langsung dengan pengelola blog.
Langkah cara membuat website gratis nggak beda jauh dengan cara buat blog. Dipostingan ini yang kita tekankan adalah cara bagaimana mendesain sendiri sebuah website kemudian bisa kita onlinekan. Sangat banyak jenis software pembuat website yang bisa kita pake, tapi  untuk mempermudah anda, pelajari dahulu software yang sederhana seperti fronpage 2003. Gambar dibawah ini adalah tampilan dari frontpage :
cara-membuat-website
Tampilan dari software frontpage untuk mendesain halaman website. Sekilas memang mirip dengan microsoft word, jika anda biasa mengetik pasti sudah tidak asing dengan ini. Tapi yang perlu diperhatikan beberapa poin yang saya beri nomer pada gambar diatas :
  1. Tab Page : Tab untuk melihat halaman yang aktif pada halaman kerja frontpage.
  2. Mode desaign : Mode untuk mendesain halaman website dengan format design. Anda bisa membuat halaman website dengan mengetik dan membuat tabel seperti di MS Word.
  3. Mode Split : Mode yang menampilkan halaman desain dan halaman kode htmlnya.
  4. Mode Code : Mode untuk menampilkan halaman kode – kode html.
  5. Mode Preview : Mode untuk melihat tampilan halaman website.
Selanjutnya apa yang dapat kita lakukan dengan software ini?, Ok..ikuti langkah – langkah berikut ini untuk membuat sebuah website :
  • Siapkan folder untuk menyimpan hasil kerja anda. Beri nama website atau menurut selera.
  • Buka halaman frontpage baru dengan memilih File> New.
  • Buatlah halaman pertama website anda. Mengkombinasikan antara tulisan dan tabel akan mempermudah pembuatan layout website anda.
  • Kita juga bisa menggunkan gambar untuk memperindah tampilan website dengan mengambil dari google image.  Ambil contoh website dari google untuk memberikan ide tampilan website yang bagus.
  • Klik kanan pada table yang kita buat, kemudian pilih table properties untuk menentukan ukuran dan memberi warna.
  • Setelah halaman pertama selesai dibuat, klik file> save. Jangan lupa memberi nama index.html pada halaman pertama ini.
  • Selanjutnya anda bisa mengulangi langkah – langkah diatas untuk membuat halaman website berikutnya. Contoh jenis halaman yang umum untuk sebuah website : kontak.html, about.html, privacy.html, produk.html, dll.
Setelah semua halaman website selesai dibuat, kita tinggal menguploadnya ke hosting dan mengonlinekannya. Caranya sama dengan cara membuat blog gratis, silahkan anda baca sendiri :-) . Tapi ada sedikit perbedaan disini, jika proses upload untuk script blog anda perlu melakukan langkah penginstalan. Proses upload kali ini tidak memerlukan langkah install dan pengeditan file. Karena begitu nama domain anda dipanggil, maka browser akan segera menampilkan halaman index.html yang telah kita desain sedemikian rupa. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar