kawan, biar gampang cari disini

Sabtu, 18 Agustus 2012

Tips Wisata ke Beijing

Untuk orang yang mau berjalan-jalan ke Beijing  tanpa melalui paket tour dari agen dan berdana pas-pasan maka aku punya tips khusus untukmu.
1. Jangan berpikir ribet.
Berpikir sederhana saja, yang paling perlu dipersiapkan hanya 3 hal:
a. Tiket Pesawat pulang-pergi
b. Tempat tinggal di sana
c. Paspor dan Visa
2. Beli tiket pesawat
Tak ada sampan dari Indonesia-Beijing. Mau tak mau naik pesawat. Kau bisa beli ke travel agency namun juga bisa beli secara online melalui www.expedia.com . Aku telah membeli tiket melalui situs ini dan tidak ada masalah. Bahkan salah satu travel agency dari China juga menganjurkanku untuk membeli melalui expedia. Di situs ini, kita bisa memantau harga tiket ke luar negeri dengan harga murah dari berbagai maskapai international. Situs ini bisa dijadikan acuan harga apabila memutuskan membeli dari agen lokal. Situs lain juga ada, www.lonelyplanet.com
3. Tempat tinggal
Janganlah mencari hotel berbintang untuk menginap. Cari saja hostel. Yang penting posisinya strategis dan bersih. Kunjungilah situs-situs yang menyediakan informasi tentang hostel-hostel beserta dengan reviewnya. Aku memakai www.hostelworld.com. Di situs ini kita bisa cari harga hostel yang paling murah di seluruh dunia beserta rating dan komentar-komentar dari orang yang pernah berkunjung ke sana. Melalui situs ini, aku memilih Beijing Forbidden City Hostel dengan alasan posisinya yang sangat strategis (dekat forbidden city) dan murah. Jika anda merasa perlu online, maka carilah hostel yang menyediakan layanan internet gratis, karena di beberapa hostel masih perlu bayar lagi untuk internet. pengalamanku di Forbidden City Hostel, meskipun itu adalah hostel, namun fasilitasnya sama seperti hotel. Kamar bersih, fasilitas kamar mandi, TV, dan sebagainya sangat memadai.  Untuk hostel ini, untuk kamar double bed satu malam biaya nya hanya sekitar $8/orang (kurang dari Rp. 80.000 per malam per orang), jadi total untuk satu kamar sekitar $16 saja. Bahkan untuk yang satu kamar kapasitas 4 orang harganya lebih gila lagi, seorangnya hanya perlu bayar kurang dari $5. Kunjungilah situs itu, dan lihat sendiri harganya. Murah meriah. Dan untuk booking kau cukup bayar 10% saja dulu, sisanya bisa dibayar nanti pas sudah di tempat.
Beijing Forbidden City Hostel: TV dan Kabel LAN buat Internet Gratis
Forbidden City Hostel: Kamar Twin Bed Deluxe, TV, LAN Kabel, dan Kamar Mandi Bersih
4. Paspor dan Visa
Paspor bisa diurus di kantor imigrasi setempat di kotamu, biayanya sekitar 300 ribuan. Jika Visa, uruslah di kedutaan Cina. Namun jika kau punya paspor biru (paspor dinas) maka untuk pergi ke China tak perlu Visa sama sekali asalkan tak lebih dari 30 hari.
5. Jangan lupa untuk Cetak alamat Hostel dengan aksara China
Jangan lupa untuk mencari “alamat hostel” dan “cara menuju lokasi” yang disediakan oleh pemilik hostel setelah kau booking di internet. Jika mereka tidak mencantumkannya di situs, kirimlah email ke email hostelmu dan tanya bagaimana cara menuju hostel itu dengan berbagai alternatif beserta harganya (Jika naik taksi, airport bus, dan express train). Dan jangan lupa minta dikirimkan alamat hostel dalam aksara Cina. Lalu cetaklah. Ini sangat dibutuhkan saat bertanya ke penduduk lokal. Mayoritas dari mereka tidak bisa membaca aksara latin.
6. Berpergian ke lokasi wisata
Nah, mengenai hal ini ada 2 solusi. Kau bisa pergi sendiri dengan transportasi lokal atau ikut tour harian. Biasanya di setiap hotel selalu ada jasa tour harian yang menyediakan mobil van khusus dan seorang tour guide berbahasa Inggris. Nyaman. Biayanya cukup murah, contohnya untuk tour 1 hari ke Tembok Cina (Badaling), Ming Tomb, Tempat Pembuatan Sutra, Pabrik Teh, pabrik Jade hanya butuh biaya 150 Yuan/orang (sudah termasuk mobil, lunch gratis, dan guide).
7. Awasi keramahan penduduk lokal
Berhati-hatilah dengan keramahan orang Beijing yang kau temui secara acak di jalan, restoran, atau tempat-tempat umum lainnya. Aku mendengar banyak cerita dari petugas hostel kalau banyak orang Beijing yang berusaha menipu turis dengan mengajak kita ngobrol. Setelah itu ia akan mengajak kita ke suatu tempat, entah itu ke restoran, tempat minum teh atau sebagainya. Di sana mereka sudah berkomplot dengan pemilik restoran dan memberikan tagihan yang terlampau mahal kepadamu. Nantinya si teman barumu itu akan kembali lagi ke restoran itu dan meminta bagiannya dari pemilik restoran. Jika mau punya teman, ajaklah bicara sesama para turis. Namun jika mau punya musuh, ludahi saja muka orang Beijing, niscaya musuhmu langsung bertambah.
8. Kejamlah dalam menawar
Di toko-toko/stand-stand pinggir jalan di Beijing, tak ada yang namanya aturan: tawarlah 1/3 dari harga yang diberikan penjual! Masalahnya, si penjual juga tau psikologi pembeli yang sudah tau tentang  trik “menawar 1/3 dari harga pertama” itu. Jadi, mereka menaikkan harga lebih tinggi lagi.  Hanya ada satu cara, kawan: kejamlah dalam menawar.
Daftar Harga Bed Cover Sutra di Beijing (Sutra, Teh, dan Jade adalah salah satu souvenir andalan dari Beijing)
Sini, aku kasih tau salah satu contoh penerapannya:
b. Tanya di toko/stand pertama, tapi jangan membeli!
Di toko pertama, untuk barang A jika dia tawarkan harganya 150 Yuan maka tawarlah 5 atau 10 Yuan saja! Si penjual akan berceloteh dan sebagainya lalu dia mulai menurunkan harga. Dia memintamu menaikkan harga. Namun jangan menaikkan harga terlalu tinggi. Katakan saja 6 Yuan atau 12 Yuan. Sampai akhirnya dia akan terus turun dan meminta kita menaikkan harga lagi. Namun tetap tunjukkan niatanmu untuk membeli. Sampai akhirnya misalnya dia menawarkan 30 Yuan dan membiarkan kita pergi tanpa membeli berarti kita tahu jika harga sebenarnya berarti sekitar 30 Yuan.
c. Pilihlah toko/stand dengan penjual yang berjenis kelamin berlawanan
Jika kau pria, pilihlah penjual yang wanita (dan sebaliknya) untuk toko pertama. Ini bukan untuk mencari jodoh, namun tak tau benar atau tidak tapi berdasarkan pengalamanku rasa-rasanya secara psikologis ini akan berpengaruh untuk membantu mencairkan ketegangan. Nah, itulah gunanya memilih penjual berjenis kelamin berlawanan. Sehingga kau bisa lebih mempengaruhi si penjual, dan jika kau pun tidak jadi membeli di tokonya kau masih bisa sambil tertawa-tawa saat meninggalkannya sambil melihat ke arah si penjual yang sedang mengeleng-geleng sambil tersenyum-senyum. Win-win solution, tak ada yang tersinggung. Mudah-mudahan saja si penjual punya anak dan kau pun dijodohkan dengannya.
d. Berpindah ke toko kedua, tanya harga barang yang sama, tawar sekadarnya, lalu beli
Di toko kedua, sudah jangan banyak tanya lagi untuk jenis barang yang sama(barang A). Langsung saja tawar 15-20 Yuan. Jatuh-jatuhnya kemungkinan besar tidak akan jauh dari yang pertama yaitu 25-30 Yuan dan kau pun bisa langsung membeli. Tak perlulah seperti ibu-ibu yang menanya-nanya ke 10 toko untuk barang yang sama. Cukup bandingkan harga di 1 toko saja, asalkan kau betul-betul memaksimalkannya di toko pertama. Efisien.
e. Jangan terlihat Angkuh
Musuh terbesar dari penjual adalah orang yang angkuh dan mencela barang dagangannya. Jangan lupa untuk selalu tersenyum. Bercanda jika bisa. Cairkan suasana . Saat proses tawar menawar, terus bilang “no money” “I m a student..” “I am from poor country” atau kalau mau lebih dramatis lagi katakan saja bahwa kau adalah anak yatim yang dibuang di bawah kolong jembatan di Indonesia lalu terbawa arus sungai sampai ke lautan dan terdampar di daratan Cina. Mungkin dia akan terharu dan memberikan barang itu gratis kepadamu atau kemungkinan terburuknya kepalamu akan bocor karena dipukul pakai botol oleh si penjual.
9. Panduan Rincian Biaya
Inilah kira-kira rincian biaya yang dikeluarkan ke Beijing untuk 5 hari 4 malam sebanyak dua orang.
a. Tiket Jakarta-Beijing (Pulang Pergi)-$500/orang x 2 orang:
$1000
b. Kamar double bed: ($ 8 x 2 orang )x 4 malam
$ 64/kamar
c. Tour Harian untuk hari 2 (Tembok Cina, Ming Tomb, Pembuatan Teh, Jade, Sutra, Lunch Gratis) 150 Yuan ($ 22)/orang:
$ 44
d. Tour harian untuk hari 3 (Forbidden City, Summer of Palace, Temple of Heaven, Pembuatan Teh, Pembuatan Sutra, Lunch gratis)-220 Yuan ($32)/orang x 2 orang:
$64
e. Makan (menu standar):
7-25 Yuan/orang X 10 kali x 2 orang  = 140-500 Yuan ($21- $75)
Total biaya adalah $ 1193 s.d. $ 1247 untuk 2 orang, artinya $ 597 s.d. $ 624/orang.
Catatan: belum termasuk souvenir dan pembuatan visa atau paspor.
Lihatlah, porsi terbesar biaya adalah untuk tiket pesawat ($500/org), sedangkan untuk diluar itu hanya butuh biaya sekitar $100 (sejuta rupiah) saja. Jadi tunggulah saat ada harga tiket promo…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar